Jumat, 29 April 2016

TUGAS 2 Proposal

KATA PENGANTAR
     Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan semesta alam atas karunia-Nyalah kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW, keluarga, sahabat serta pengikut-Nya hingga akhir zaman nanti.
    Proposal usaha yang diperuntukan untuk melaksanakan kewajiban tugas kelompok dalam kegiatan  perkuliahan dengan judul Traveloka, diharapkan dapat dipahami bagi setiap yang membacanya.
Alhamdulillah wa syukurilah Allah maha besar dengan segala nikmat yang selalu tercurah kepada kami. Semoga Allah selalu memberkahi dan menjaga serta memudahkan kami untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok kami.
Depok, 28 april 2016


PROPOSAL APLIKASI
Traveloka
A.    Latar Belakang
Biro perjalanan pariwisata saat ini mempunyai peran penting dalam perkembangan zaman. Salah satu pendukung perkembangan pariwisata adalah dengan adanya berbagai aplikasi yang menyediakan menu dan paket wisata. Paket dan menu ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan juga kesanggupan dari user sendiri.
Dari uraian diatas maka sangat potensial bila kami untuk mengembangkan sebuah aplikasi yang menyediakan jasa travel, karna banyak dari masyarakat sangat menyukai transaksi berbasis online. Dalam  membangun  aplikasi travel ini, mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap kenyamanan, dan kepuasan  para pengguna aplikasi travel. Pengguna aplikasi travel sebagai konsumen wajib mendapatkan pelayanan dan jasa yang baik dalam pelayanan  travel tersebut. Dari sinilah dapat dilihat bagaimana fasilitas dan fitur aplikasi Travel dalam  menangani pelayanan terhadap para calon  pemesan,  Sebab bentuk usaha apapun pasti memiliki risiko dalam menjalaninya.
Dengan alasan dan  landasan tersebut kami berniat untuk merintis aplikasi travel, dan usaha kami tersebut kami beri nama atas kesepakatan bersama, yaitu: Traveloka Dengan harapan pelanggan akan tertarik untuk datang mengunjungi tempat wisata dengan menggunakan jasa apliaksi travel kami dengan perasaan cinta kasih akan kenikmatan dalam perjalanan
1.      Manfaat aplikasi
a.       Manfaat Ekonomi
Aplikasi Travel Wisata Pulau Tidung ini cukup menjanjikan, karena keuntungan yang didapat cukup besar. Kami menawarkan dan memberikan kemudahan bagi para wisatawan dengan  memberikan harga yang murah tapi dengan produk yang tidak murahan dengan  kata lain kualitas produk selalu dijaga dan dijamin keselamatan kenyamanan serta kepuasan para wisatawan, Dengan usaha ini diharapkan dapat memberikan keuntungan.
b.      Manfaat Sosial
-          Bagi Pemilik Travel
Dengan melihat peluang ini, diharapkan usaha travel ini dapat berkembang tidak hanya untuk travel kecil saja. Usaha Travel ini cukup menjanjikan, apalagi masih banyak masyarakat di Indonesia yang belum  menikmati indahnya wisata dengan harga yang bersahabat, sehingga ini merupakan kesempatan bagi kita untuk dapat mempromosikan  tempat wisata melalui jasa travel ini. Keuntungan yang dapat diperoleh oleh pemilik usaha travel yaitu dapat menjadikan sebagai pengalaman dalam berbisnis online. Serta dapat menjadi pembelajaran dalam menjalankan bisnis-bisnis usaha jasa yang lain yang lebih besar. Pembelajaran yang diperoleh seperti bagaimana cara melayani para wisatawan, serta bagaimana supaya karyawan menjadi senang dengan kebijakan yang kita tetapkan, dan lain sebagainya.
-          Bagi Pengguna Jasa Travel
Dengan adanya jasa traveling ini, dapat menjadi alternative bagi masyarakat yang ingin mengunjungi tempat wisata. Selain itu juga secara tidak langsung dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan, karena apabila usaha ini telah berkembang maka membutuhkan tenaga kerja untuk membantu dalam memasarkan atau mempromosikan tempat wisata lainnya demi kelancaran usaha.
B.     Rumusan Masalah
a)      Bagaimana tips untuk membuat aplikasi Travel yang baik dan benar.
b)      Bagaimana cara mengantisipasi persaingan usaha bisnis yang semakin ketat saat ini.
c)      Bagaimana caranya agar kita bisa meraih kesuksesan dalam berbisnis jasa Travel.
C.    Profil Organisasi
Nama Usaha          : Traveloka
Jenis Usaha           : Jasa Pariwisata
D.    Visi, Misi dan Tujuan Usaha
Visi
·         Menciptakan sebuah usaha jasa yang unggul dalam keselamatan, kenyamanan, dan kepuasan wisatawan
Misi          
·         Memberikan pelayanan yang terbaik
·         Memberikan fasilitas yang terbaik
Tujuan Usaha
·         Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya
·         Menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha terutama pada jasa travel
E.     Fasilitas
Fasilitas yang kami tawarkan dalam usaha jasa ini kepada wisatawan, seperti : 
a) Harga Tiket Pesawat ( Luar dan dalam negeri)
b) Harga Tiket Kereta Api
c) Harga Hotel
F.     Analisis SWOT
Adapun analisis SWOT terhadap bisnis ini adalah sebagai berikut:
1.      Faktor internal.
a . Strengths (Kekuatan) 
·         Penawaran jasa travel sangatlah mudah dan sederhana, khususnya bagi sekelompok atau rombongan wisata.  
·         Harga yang ditawarkan dari jasa travel ini relative murah, sehingga dapat terjangkau oleh semua kalangan masyarakat/wisatawan.
·         Jasa Travel memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat/wisatawan sehingga para konsumen lebih mudah untuk mebeli tiket pesawat, kereta dan hotel.
·         Cara pemesanan tiket travel sangat mudah
·         Jasa travel sangat efisien dan efektif karna tiket di kirim via email setelah melakukan pembayaran.
b.   Weakness (Kelemahan)
·         Faktor pemasaran melalui iklan juga sangat mempengaruhi kelancaran usaha ini, karna apabila iklannya kurang ramai maka permintaan akan sedikit.
·         Permintaan dari tiket pesawat menurun apabila maskapai mengalami masalah.
·         Faktor promosi juga akan mempengaruhi kelancaran usaha jasa travel ini karena promosi merupakan salah satu daya tarik bagi para wisatawan.
2.      Faktor eksternal
a.       Opportunities (Peluang / kesempatan) 
·         Melihat banyaknya masyarakat/wisatawan yang menyukai travel, sehingga Traveloka dapat menjadi pemesanan tiket yang mudah.
·         Sebagian besar usaha jasa travel yang ada hanya menawarkan harga tiket pesawat saja, akan tepapi traveloka berbeda tidak hanya tiket pesawat traveloka juga menjual kamar hotel.
·         Karna Travel Traveloka bisa di akses dengan mudah oleh semua kalangan.
b.      Threats (Ancaman)
Melihat dari banyaknya permintaan masyarakat dalam travel dan berkembangnya tiket oniline, maka persaingan dalam menjalankan usaha ini pun cukup banyak. Dan apabila pelayanan dan kualitas yang kita berikan kepada wisatawan kurang memuaskan, maka konsumen akan merasa kecewa, sehingga usaha ini akan terancam kurangnya kepercayaan (bangkrut). Untuk mengatasi masalah tersebut, maka kami dalam menjalankan usaha ini akan selalu memberikan pelayanan dan kualitas jasa yang terbaik kepada semua masyarakat kami. Pelayanan yang terbaik dan kepuasan wisatawan menjadi prioritas utama kami dalam menjalankan usaha ini.
G.    Analisis Pasar dan Pemasaran
Analisis Pasar dan Pemasaran usaha jasa Tidung Holiday kelompok kami yaitu :
1.      Target Pasar
Usaha jasa ini menargetkan untuk semua kalangan yang ingin berlibur di dalam negeri maupun luar negeri..
2.      Pesaing
Terdapat banyak pesaing dari usaha ini, akan tetapi di sinilah kreatifitas kita bagaimana cara kita menarik konsumen agar dapat mempercayai travel  kita tanpa membuat pesaing kita merasa tidak senang dengan tindakan kita. Namun kekeluargaan harus tetap selalu terjaga antara pesaing dan menciptakan persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan pesaing. Dengan cara mentaati peraturan dan undang-undang pasar yang telah di tetapkan.
3.      Sasaran Pengunjung
Dalam menjalankan usaha ini sasaran pengunjung kami yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas. Dari semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk memilih harga tiket yang sesuai dengan budget.
H.    Strategi Pemasaran
Adapun strategi pemasaran yang dapat kami lakukan adalah:
1.      Dari mulut ke mulut
Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita.
2.      Dengan media Internet
Selain promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga dapat dilakukan dengan menggunakan media internet, seperti dapat melalui, twitter, Instagram dan yang menjadi iklan utama adalah kami memiliki website pribadi agar memudahkan wisataan menggali informasi tentang Traveloka. Tujuan membuat website ini adalah salah satu bukti real atas keseriusan kita dalam mempromosikan jasa travel kami. Karna sebagian besar masyarakat telah menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kita.
3.      Pengembangan travel
Pengembangan travel dari usaha ini dapat menambahkan promo-promo yang menarik kepada wisatawan,seperti potongan harga. yang memberikan nilai lebih dimata para konsumen. Sehingga jangkauan pasar mililiki semakin luas, dan tingkat loyalitas konsumen pun setiap harinya kian meningkat.
4.      Pengembangan Pasar
Selain melakukan berbagai strategi pemasaran  seperti diatas, kami juga mempromosikan usaha kami ini dengan cara mempermudahan untuk mencapai akses ke kepulauan seribu untuk memperluas jangkauan yang sudah dimiliki. Dalam hal ini, dapat dengan memperbanyak/menyediakan beberapa kapal yang siap digunakan. dengan harapan usaha ini akan lebih dikenal oleh masyarakat dan juga dapat menambahkan pendapatan serta dapat mengurangi tingkat pengangguran dengan memperkerjakan para seller yang baru.
5.      Langkah-langkah Promosi
Untuk menarik minat wisatawan agar menggunakan travel yang kami tawarkan kami mempunyai cara-cara tertentu, adapun cara tersebut yaitu :
- Memberikan promo-promo menarik
- Harga yang terjangkau
- Memiliki berbagai pilihan maskapai dan hotel yang menarik.
Analisis Operasional
Adapun rencana usaha travel yang dijalankan ialah sebagai berikut :
1.      Desain logo
Desain logo yang diusahakan ialah kami membuatnya dengan semenarik mungkin agar pelanggan tidak bosan dengan tampilan usaha travel kami.
2.      Pengawasan kualitas
Dalam mengontrol kualitas usaha travel kami, agar dapat diminati para calon pengunjung dengan baik, maka kami melakukan pengecekan setiap hari terhadap website yang kami dengan melakukan pembaharuan.
I.       Marketing atau promosi
Analisis aspek SDM
Untuk mendukung kelangsungan usaha ini dibutuhkan beberapa elemen Sumber Daya Manusia (SDM) yang terkait didalamnya. Adapun Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlibat dalam kelangsungan usaha ini, yaitu:
1)      Tenaga Kerja
Dalam bisnis jasa travel ini kita tidak memerlukan sumber daya manusia yang ahli dan skill yang khusus seperti sarjana dll, akan tetapi yang diperlukan adalah orang yang mau bekerja secara tekun / telaten, sabar, tanggung jawab dan tidak gengsi karena ini merupakan pekerjaan remeh menurut pandangan masyarakat tertentu.
2)      Masyarakat Sekitar
Selain SDM dari tenaga kerja selanjutnya masyarakat juga berperan penting dalam kelancaran usaha ini, karna kita juga harus memiliki hubungan baik dengan masyarakat setempat, karena apabila kita tidak mempunyai hubungan baik maka peluang usaha untuk memperoleh keuntungan semakin jauh.


Manajemen Perusahaan


 


PENUTUP
Demikianlah proposal bisnis usaha jasa ini kami buat. Tidak lupa kami mengucap syukur kepada Tuhan YME karena atas segala Rahmat dan Hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan proposal bisnis usaha jasa kami. Dan tidak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam pembuatan proposal ini.
Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha jasa travel ini. Dengan selesainya proposal bisnis ini, kami berharap dapat segera mewujudkan usaha bisnis jasa travel yang telah kami rencanakan ini. Segala saran dan kritik yang membangun sangatlah kami harapkan dari semua pihak, karena kami menyadari bahwa proposal kami masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami semua untuk dapat menjadi lebih baik lagi dihari esok. Atas segala waktu dan perhatiannya kami mengucapkan terima kasih .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar