KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan semesta
alam atas karunia-Nyalah kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik dan
tepat pada waktunya. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada
junjungan Nabi Besar Muhammad SAW, keluarga, sahabat serta pengikut-Nya hingga
akhir zaman nanti.
Proposal usaha yang diperuntukan untuk
melaksanakan kewajiban tugas kelompok dalam kegiatan perkuliahan dengan judul Traveloka, diharapkan
dapat dipahami bagi setiap yang membacanya.
Alhamdulillah
wa syukurilah Allah maha besar dengan segala nikmat yang selalu tercurah kepada
kami. Semoga Allah selalu memberkahi dan menjaga serta memudahkan kami untuk
mempresentasikan hasil kerja kelompok kami.
Depok,
28 april 2016
PROPOSAL APLIKASI
Traveloka
A.
Latar
Belakang
Biro perjalanan pariwisata saat
ini mempunyai peran penting dalam perkembangan zaman. Salah satu pendukung
perkembangan pariwisata adalah dengan adanya berbagai aplikasi yang menyediakan
menu dan paket wisata. Paket dan menu ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan
dan juga kesanggupan dari user sendiri.
Dari uraian diatas maka sangat potensial bila
kami untuk mengembangkan sebuah aplikasi yang menyediakan jasa travel, karna banyak
dari masyarakat sangat menyukai transaksi berbasis online. Dalam membangun
aplikasi travel ini, mempunyai tanggung
jawab yang besar terhadap kenyamanan, dan kepuasan para
pengguna aplikasi travel. Pengguna aplikasi travel sebagai konsumen wajib
mendapatkan pelayanan dan jasa yang baik dalam pelayanan travel tersebut.
Dari sinilah dapat dilihat bagaimana fasilitas dan fitur
aplikasi Travel dalam menangani
pelayanan terhadap para calon pemesan, Sebab bentuk
usaha apapun pasti memiliki risiko dalam menjalaninya.
Dengan alasan dan landasan tersebut
kami berniat untuk merintis aplikasi travel, dan usaha
kami tersebut kami beri nama atas kesepakatan bersama, yaitu: Traveloka Dengan harapan
pelanggan akan tertarik untuk datang mengunjungi tempat wisata dengan menggunakan jasa apliaksi travel kami dengan perasaan cinta kasih akan kenikmatan dalam perjalanan
1.
Manfaat aplikasi
a.
Manfaat
Ekonomi
Aplikasi Travel Wisata Pulau Tidung
ini cukup menjanjikan, karena keuntungan yang didapat
cukup besar. Kami menawarkan dan memberikan kemudahan bagi para wisatawan
dengan memberikan
harga yang murah tapi dengan produk yang tidak murahan dengan kata
lain kualitas produk selalu dijaga dan dijamin keselamatan kenyamanan serta
kepuasan para wisatawan, Dengan usaha ini diharapkan dapat memberikan
keuntungan.
b.
Manfaat
Sosial
-
Bagi Pemilik Travel
Dengan melihat peluang ini, diharapkan usaha travel ini dapat berkembang tidak hanya untuk travel kecil saja. Usaha Travel ini cukup menjanjikan, apalagi
masih banyak masyarakat di Indonesia yang belum menikmati
indahnya wisata dengan
harga yang bersahabat, sehingga ini
merupakan kesempatan bagi kita untuk dapat mempromosikan tempat wisata melalui jasa travel ini. Keuntungan yang dapat diperoleh
oleh pemilik usaha
travel yaitu dapat menjadikan
sebagai pengalaman dalam berbisnis online. Serta dapat menjadi
pembelajaran dalam menjalankan bisnis-bisnis usaha jasa
yang lain yang lebih besar. Pembelajaran yang diperoleh seperti bagaimana cara
melayani para wisatawan, serta bagaimana supaya karyawan menjadi senang
dengan kebijakan yang kita tetapkan, dan lain sebagainya.
-
Bagi Pengguna Jasa Travel
Dengan adanya jasa traveling
ini, dapat menjadi alternative bagi masyarakat yang ingin
mengunjungi tempat
wisata. Selain itu juga secara tidak
langsung dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang membutuhkan
pekerjaan, karena apabila usaha ini telah berkembang maka membutuhkan tenaga
kerja untuk membantu dalam memasarkan atau mempromosikan tempat wisata lainnya demi
kelancaran usaha.
B. Rumusan Masalah
a)
Bagaimana
tips untuk membuat aplikasi Travel yang baik dan benar.
b)
Bagaimana
cara mengantisipasi persaingan usaha bisnis yang semakin ketat saat ini.
c)
Bagaimana
caranya agar kita bisa meraih kesuksesan dalam berbisnis jasa Travel.
C. Profil Organisasi
Nama Usaha : Traveloka
Jenis Usaha : Jasa Pariwisata
D. Visi, Misi dan Tujuan Usaha
Visi
·
Menciptakan
sebuah usaha jasa
yang unggul dalam keselamatan, kenyamanan, dan kepuasan wisatawan
Misi
·
Memberikan pelayanan yang terbaik
·
Memberikan fasilitas yang terbaik
Tujuan Usaha
·
Memperoleh
keuntungan yang sebesar-besarnya
·
Menambah
pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha terutama pada jasa travel
E. Fasilitas
Fasilitas yang kami tawarkan dalam usaha jasa ini
kepada wisatawan, seperti :
a) Harga Tiket Pesawat ( Luar dan dalam negeri)
b) Harga Tiket Kereta Api
c) Harga Hotel
F. Analisis SWOT
Adapun analisis SWOT terhadap bisnis ini adalah sebagai
berikut:
1.
Faktor
internal.
a . Strengths (Kekuatan)
·
Penawaran jasa travel sangatlah mudah dan sederhana, khususnya bagi
sekelompok atau rombongan wisata.
·
Harga yang ditawarkan dari jasa travel
ini relative murah, sehingga dapat
terjangkau oleh semua kalangan masyarakat/wisatawan.
·
Jasa Travel memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat/wisatawan
sehingga para konsumen lebih mudah untuk mebeli tiket pesawat, kereta dan hotel.
·
Cara pemesanan tiket travel sangat mudah
·
Jasa travel sangat efisien dan efektif karna tiket di kirim via email
setelah melakukan pembayaran.
b. Weakness (Kelemahan)
·
Faktor pemasaran melalui iklan juga sangat mempengaruhi kelancaran usaha ini,
karna apabila iklannya kurang ramai maka permintaan akan sedikit.
·
Permintaan
dari tiket pesawat
menurun apabila maskapai mengalami masalah.
·
Faktor promosi juga akan mempengaruhi
kelancaran usaha jasa travel ini karena promosi merupakan salah satu daya tarik
bagi para wisatawan.
2.
Faktor
eksternal
a.
Opportunities
(Peluang / kesempatan)
·
Melihat
banyaknya masyarakat/wisatawan yang menyukai travel,
sehingga Traveloka
dapat menjadi pemesanan tiket yang mudah.
·
Sebagian
besar usaha jasa travel yang ada hanya menawarkan harga tiket pesawat saja, akan tepapi
traveloka berbeda tidak hanya tiket pesawat traveloka juga menjual kamar hotel.
·
Karna Travel Traveloka bisa di akses
dengan mudah oleh semua kalangan.
b.
Threats
(Ancaman)
Melihat dari banyaknya
permintaan masyarakat dalam travel dan berkembangnya tiket oniline, maka persaingan dalam menjalankan usaha ini pun cukup
banyak. Dan apabila pelayanan dan kualitas yang kita berikan kepada wisatawan
kurang memuaskan, maka konsumen akan merasa kecewa, sehingga usaha ini akan
terancam kurangnya kepercayaan (bangkrut). Untuk mengatasi masalah tersebut,
maka kami dalam menjalankan usaha ini akan selalu memberikan pelayanan dan
kualitas jasa yang terbaik kepada semua masyarakat kami. Pelayanan yang terbaik dan kepuasan wisatawan menjadi prioritas utama kami dalam menjalankan usaha
ini.
G. Analisis Pasar dan Pemasaran
Analisis Pasar dan Pemasaran usaha jasa Tidung Holiday kelompok kami yaitu :
1.
Target Pasar
Usaha jasa ini menargetkan untuk semua kalangan
yang ingin berlibur di dalam negeri maupun luar negeri..
2.
Pesaing
Terdapat banyak pesaing dari usaha ini, akan tetapi di
sinilah kreatifitas kita bagaimana cara kita menarik konsumen agar dapat mempercayai travel kita tanpa membuat pesaing kita merasa tidak
senang dengan tindakan kita. Namun kekeluargaan harus tetap selalu terjaga
antara pesaing dan menciptakan persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan pesaing.
Dengan cara mentaati peraturan dan undang-undang pasar yang telah di tetapkan.
3.
Sasaran Pengunjung
Dalam menjalankan usaha ini sasaran pengunjung kami yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik
kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas. Dari semua kalangan
tersebut sebagian besar mampu untuk memilih harga tiket yang sesuai dengan budget.
H. Strategi Pemasaran
Adapun strategi pemasaran yang dapat kami lakukan adalah:
1.
Dari mulut
ke mulut
Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana,
serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan
bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita,
sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha
kita.
2.
Dengan media
Internet
Selain promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga
dapat dilakukan dengan menggunakan media internet, seperti dapat melalui,
twitter, Instagram dan yang menjadi iklan
utama adalah kami memiliki website pribadi agar memudahkan wisataan menggali
informasi tentang Traveloka. Tujuan membuat website ini
adalah salah satu bukti real atas keseriusan kita dalam mempromosikan jasa
travel kami. Karna sebagian besar
masyarakat telah menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat
mengetahui usaha kita.
3.
Pengembangan
travel
Pengembangan travel dari
usaha ini dapat menambahkan promo-promo yang menarik kepada wisatawan,seperti potongan harga. yang
memberikan nilai lebih dimata para konsumen. Sehingga jangkauan pasar mililiki
semakin luas, dan tingkat loyalitas konsumen pun setiap harinya kian meningkat.
4.
Pengembangan Pasar
Selain melakukan berbagai
strategi pemasaran seperti diatas, kami
juga mempromosikan usaha kami ini dengan cara mempermudahan untuk mencapai
akses ke kepulauan seribu untuk memperluas jangkauan yang sudah dimiliki. Dalam
hal ini, dapat dengan memperbanyak/menyediakan beberapa kapal yang siap
digunakan. dengan harapan usaha ini akan lebih dikenal oleh masyarakat dan juga
dapat menambahkan pendapatan serta dapat mengurangi tingkat pengangguran dengan
memperkerjakan para seller yang baru.
5.
Langkah-langkah Promosi
Untuk menarik minat wisatawan
agar menggunakan travel yang kami tawarkan kami mempunyai cara-cara tertentu,
adapun cara tersebut yaitu :
- Memberikan promo-promo menarik
- Harga yang terjangkau
- Memiliki berbagai pilihan
maskapai dan hotel yang menarik.
Analisis Operasional
Adapun rencana usaha travel
yang dijalankan ialah sebagai berikut :
1.
Desain logo
Desain logo yang diusahakan ialah
kami membuatnya dengan semenarik mungkin agar pelanggan tidak bosan dengan
tampilan usaha
travel kami.
2.
Pengawasan
kualitas
Dalam mengontrol kualitas usaha travel kami, agar dapat diminati para calon
pengunjung dengan baik, maka kami
melakukan pengecekan setiap hari terhadap website yang kami dengan melakukan pembaharuan.
I.
Marketing
atau promosi
Analisis aspek SDM
Untuk mendukung kelangsungan usaha ini dibutuhkan
beberapa elemen Sumber Daya Manusia (SDM) yang terkait didalamnya. Adapun
Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlibat dalam kelangsungan usaha ini, yaitu:
1)
Tenaga Kerja
Dalam bisnis jasa travel
ini kita tidak memerlukan sumber daya manusia yang ahli dan skill yang khusus
seperti sarjana dll, akan tetapi yang diperlukan adalah orang yang mau bekerja
secara tekun / telaten, sabar, tanggung jawab dan tidak
gengsi karena ini merupakan pekerjaan remeh menurut pandangan masyarakat
tertentu.
2)
Masyarakat
Sekitar
Selain SDM dari tenaga kerja selanjutnya masyarakat juga
berperan penting dalam kelancaran usaha ini, karna kita juga harus memiliki
hubungan baik dengan masyarakat setempat, karena apabila
kita tidak mempunyai hubungan baik maka peluang usaha untuk memperoleh
keuntungan semakin jauh.
Manajemen
Perusahaan
PENUTUP
Demikianlah
proposal bisnis
usaha jasa ini kami buat. Tidak lupa
kami mengucap syukur kepada Tuhan YME karena atas segala Rahmat dan Hidayah-Nya
kami dapat menyelesaikan proposal bisnis usaha jasa kami. Dan tidak lupa pula
kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam pembuatan proposal ini.
Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini
merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha jasa travel ini. Dengan
selesainya proposal bisnis ini, kami berharap dapat segera mewujudkan usaha
bisnis jasa travel yang telah kami rencanakan ini. Segala saran dan kritik yang membangun
sangatlah kami harapkan dari semua pihak, karena kami menyadari bahwa proposal
kami masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat
menjadi acuan atau pelajaran bagi kami semua untuk dapat menjadi lebih baik
lagi dihari esok. Atas segala waktu dan perhatiannya kami mengucapkan terima kasih .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar