Traveloka adalah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket
pesawat dan hotel secara daring dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia.
Traveloka memiliki basis operasional di Jakarta.
Perusahaan didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert. Pada awal konsepnya Traveloka berfungsi sebagai
mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs
lainnya. Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berubah menjadi situs
reservasi tiket pesawat di
mana pengguna dapat melakukan pemesanan di situs resminya. Pada bulan Maret
2014, Ferry Unardi menyatakan bahwa Traveloka akan segera masuk ke bisnis
reservasi kamar hotel. Pada bulan Juli
2014, jasa pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka.
Etika pada Traveloka
Etika adalah suatu sikap dan perilaku yang menunjukkan
kesediaan dan kesanggupan seseorang secara sadar untuk mentatati ketentuan dan
norma kehidupan yang berlaku dalam suatu kelompok masyarakat atau suatu
organisasi. Etika organisasi menekankan perlunya seperangkat nilai yang
dilaksanakan ssetiap orang anggota. nilai tersebut berkaitan dengan pengaturan
bagaimana seharusnya bersikap dan berperilaku dengan baik seperti sikap hormat,
kejujuran, keadilan dan bertanggung jawab. seperangkat nilai tersebut biasanya
dijadikan sebagai acuan dan dianggap sebagai prinsip-prinsip etis atau moral.
www.traveloka.com
situs ("Situs") dikelola oleh Traveloka Services Pte. Ltd . Dengan
mengakses dan/atau menggunakan Situs, pelanggan mengakui bahwa telah membaca
dan memahami, dan menyetujui untuk terikat oleh Syarat Penggunaan yang
ditetapkan di bawah ini dan syarat dan ketentuan lainnya dalam kaitannya dengan
Situs, termasuk namun tidak terbatas pada kerahasiaan dan FAQ, yang merupakan
bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat Penggunaan ("Syarat"). Anda
harus setidaknya berusia delapan belas (18) tahun untuk menggunakan Situs ini. Harap
diketahui bahwa kami dapat mengubah, memodifikasi, menambah dan menghapus
Syarat ini sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Syarat harus dibaca
secara berkala. Dengan terus menggunakan Situs ini setelah perubahan tersebut
terhadap Syarat, pengunjung, pengguna atau Pengguna Terdaftar ("Anda"
atau "pengguna") sepakat dan menyetujui perubahan. Jika Anda
menggunakan salah satu layanan kami yang lain, maka penggunaan Anda didasarkan
pada kepatuhan dan penerimaan terhadap syarat dan ketentuan yang berlaku untuk
layanan tersebut.
Konten ini adalah
terjemahan dari versi asli bahasa Inggris dan disediakan untuk kenyamanan Anda.
Terdapat kemungkinan bahwa beberapa teks mungkin berbeda dari versi asli bahasa
Inggris, dan dalam hal terjadi ambiguitas antara versi terjemahan dan versi
bahasa Inggris, maka versi bahasa Inggris yang akan berlaku. Jika ragu mengenai
keakuratan informasi yang terkandung dalam terjemahan, harap merujuk teks versi
bahasa Inggris yang merupakan versi resmi
Produk Traveloka
Traveloka menyediakan bebarapa jasa dalam hal penjualan tiket pesawat
dan hotel secara online. Dalam hal penjualan tiket pesawat dan hotel, traveloka
menjadi penengah dari pihak maskapai dan hotel kepada costumer. Traveloka
memberikan beberapa layan yaitu:
1.
Melalui Situs,
Traveloka menyediakan platform online sehingga Anda dapat
menelusuri berbagai jenis maskapai penerbangan, dan/atau akomodasi sementara
dan penginapan (sebagaimana berlaku), dan membuat reservasi
("Layanan"). Pengguna dapat membuat pemesanan layanan yang disediakan
hotel, maskapai penerbangan dan/atau penyedia layanan lain ("Vendor")
di Situs. Dengan meletakkan pesanan melalui Situs, Anda akan dapat memesan
tiket pesawat, kamar hotel, atau layanan lain pada Situs kami. Kami akan
memberikan konfirmasi pemesanan melalui konfirmasi email. Kami berhak untuk
menolak pemesanan sebagaimana diatur di bawah ini.
2.
Meskipun kami akan
menggunakan keahlian kami dengan hati-hati dalam melakukan layanan, kami tidak
memverifikasi, dan tidak menjamin, bahwa semua informasi yang diberikan akurat,
lengkap, benar atau terbaru yang tersedia, dan kami tidak bertanggung jawab
atas setiap kesalahan (termasuk kesalahan penempatan dan pengetikan), gangguan
(baik sementara dan/atau parsial, kerusakan, perbaikan atau peningkatan ke
situs atau sebaliknya), informasi yang tidak akurat, menyesatkan atau palsu
atau informasi yang tidak tersampaikan.
3.
Perubahan dalam
kondisi pasar atau keadaan yang terjadi dapat menyebabkan perubahan dalam waktu
singkat, yang menyebabkan informasi tidak akurat atau tidak berlaku. Dalam hal
terjadi masalah, layanan pelanggan dapat berusaha untuk membantu Anda dan
memenuhi permintaan Anda.
4.
Situs ini tidak
mengemukakan pernyataan apa pun dan tidak dapat dianggap sebagai membuat
rekomendasi atau saran dari tingkat kualitas layanan atau peringkat dari Vendor
yang terdaftar di Situs. Dengan ini kami menyatakan penyangkalan klaim,
kerugian atau kewajiban sehubungan dengan kualitas atau status Vendor yang ada
yang terdaftar di Situs (yang memberikan layanan maskapai penerbangan, hotel
atau layanan lainnya). Vendor dapat diperkenalkan dalam tingkatan kelas yang
berbeda berdasarkan faktor-faktor termasuk namun tidak terbatas pada ulasan,
peringkat mereka atau faktor-faktor lainnya. Peringkat yang diberikan dihitung
berdasarkan algoritma otomatis yang dapat diperbarui dan diubah dari waktu ke
waktu, sesuai dengan kebijaksanaan tunggal kami.
5.
Kami memiliki hak
untuk tidak menerima setiap pengguna atau pemesanan (atau dalam kasus-kasus
tertentu membatalkan konfirmasi pemesanan) berdasarkan kebijaksanaan tunggal
kami dan untuk alasan apa pun serta tanpa memberikan alasan
penolakan/penampikan/pembatalan. Alasan untuk menolak pengguna atau pemesanan
atau membatalkan konfirmasi pemesanan dapat termasuk namun tidak terbatas pada:
pelanggaran Syarat ini, perdagangan atau sanksi ekonomi oleh otoritas global
atau nasional, embargo, larangan dalam peraturan, penipuan atau pencurian (atau
indikasi atau dugaan penipuan atau pencurian), dugaan kegiatan kriminal,
pemesanan yang mencurigakan, layanan yang tidak tersedia atau tidak lagi
disediakan oleh Vendor, pengguna memberikan informasi yang tidak akurat, keliru
atau menyesatkan, masalah dengan komunikasi kartu kredit elektronik, informasi
atau transaksi, perilaku yang tidak pantas, ancaman, hinaan, penolakan untuk
memberikan informasi, hambatan praktis, kesulitan atau kemacetan komunikasi,
Kesalahan Nyata (selanjutnya dijelaskan di bawah ini), sejarah pelanggaran
Syarat atau penolakan tersebut, atau dimasukkan pada setiap "daftar
hitam" atau "daftar pengamatan" oleh pemerintah atau organisasi
internasional. Dalam kasus pemesanan ditolak atau dibatalkan oleh Traveloka dan
pembayaran telah dilakukan, Traveloka akan mengganti jumlah yang telah
dibebankan tanpa biaya lebih lanjut. Kami dapat menghilangkan atau menghapus
("Dihapus") keanggotaan pengguna Situs ini sewaktu-waktu, baik
sementara atau permanen. Pengguna yang Dihapus dilarang untuk mencoba
menggunakan Situs dengan nama lain atau melalui pengguna lainnya (selanjutnya
dijelaskan dalam ketentuan Mekanisme Pencegahan Penipuan).
6.
Dalam kasus tertentu,
kami dapat membatalkan atau menolak pemesanan berkenaan dengan "Kesalahan
Nyata", yang tidak tergantung pada letak kesalahan berasal. Untuk
menghindari keraguan, Kesalahan Nyata adalah kesalahan pada Situs (misalnya,
dalam hal harga) yang tidak ada satu orang yang rasional pun akan menganggap
layak atau membuat bisnis dimengerti. Jumlah yang dibebankan akan diganti tanpa
biaya lebih lanjut dalam kasus seperti itu.
2.
PEMBATALAN
1.
Dengan membuat
pemesanan, pesanan atau reservasi melalui Situs, pelanggan menerima dan setuju
dengan syarat dan ketentuan dari Vendor yang berlaku, termasuk yang berkaitan
dengan kebijakan tentang pembatalan dan/atau ketiadaan, atau sehubungan dengan
permintaan khusus yang mungkin diberikan
kepada Vendor. Traveloka tidak bertanggung jawab atas setiap pelanggaran syarat
dan ketentuan yang disepakati antara Vendor dan pengguna, atau yang didasarkan
pada permintaan khusus pengguna, sehingga harap membaca syarat dan ketentuan
Vendor dengan cermat.
2.
Sehubungan dengan
pembatalan pengguna yang telah dilakukan, Traveloka mungkin dapat menahan atau
mengambil bagian dari jumlah yang dibayarkan untuk mengganti biaya yang telah
dikeluarkan sehubungan dengan pembatalan.
3.
PERMINTAAN KHUSUS
1.
Dalam hal permintaan
khusus sehubungan dengan pemesanan (misalnya: kamar yang mudah diakses dengan
kursi roda, bantuan kursi roda pada saat pengiriman tiket, perubahan nama,
perubahan tanggal, menambahkan poin "frequent flyer" atau
setara), pengguna dapat memasukkan permintaan saat melakukan pemesanan di Situs
atau hubungi Vendor secara langsung (sebagaimana berlaku). Permintaan akan
diurus berdasarkan kebijaksanaan Vendor dan Traveloka, berdasar atas
ketersediaan dan faktor lainnya.
4.
SARAN PERJALANAN
1.
Dengan menampilkan
destinasi tertentu, Traveloka tidak mengemukakan atau menjamin bahwa perjalanan
ke tempat-tempat tersebut bermanfaat atau bebas risiko dan Traveloka tidak akan
dimintai pertanggungjawaban atas kerusakan atau kerugian yang mungkin
diakibatkan dari perjalanan ke destinasi tersebut. Dalam situasi apa pun,
Traveloka tidak akan bertanggung jawab atas insiden merugikan yang terjadi
selama perjalanan atau selama Anda tinggal. Anda secara pribadi bertanggung
jawab untuk pemilihan perjalanan, rute dan destinasi perjalanan, untuk
sepanjang perjalanan Anda. Traveloka tidak bertanggung jawab atas kerugian yang
terjadi ketika Anda gagal membawa dokumen perjalanan yang diperlukan, seperti
paspor Anda.
5.
PERINGKAT
1.
Peringkat yang
ditampilkan di Situs hanya disediakan sebagai informasi dari pengguna saja, dan
peringkat yang ada didasarkan pada informasi yang diberikan oleh pihak ketiga
seperti pemasok, pengguna atau ulasan situs web lain. Kami tidak memverifikasi
peringkat yang diberikan dan karena itu tidak bertanggung jawab atas keakuratan
peringkat yang ada. Dengan ini kami menyatakan penyangkalan klaim, kerugian
atau kewajiban sehubungan dengan peringkat yang ditampilkan pada Situs.
6.
HARGA DAN PROMOSI
1.
Traveloka dapat
menawarkan harga yang lebih rendah dan/atau promosi dari waktu ke waktu. Harap
diketahui bahwa hal tersebut mungkin memerlukan ketentuan dan persyaratan yang
berbeda, misalnya, sehubungan dengan kebijakan pemesanan dan pengembalian dana.
7.
BIAYA TAMBAHAN &
PENGEMBALIAN DANA
1.
Setiap harga yang
tercantum pada Situs ini hanya tersedia dengan ketentuan tertentu dan harga
tersebut dapat berubah tergantung pada ketersediaan pemesanan, lamanya
pemesanan dan/atau kuota. Harga yang tersedia dapat mencakup pajak tambahan dan
biaya lainnya lagi tapi dalam keadaan tertentu mungkin tidak termasuk pajak dan
biaya jasa; pengguna setuju bahwa mereka bertanggung jawab untuk memverifikasi
total biaya yang harus dibayar dan persyaratan lainnya dan rincian ketika email
konfirmasi dikirim ke pengguna. Pengguna harus memverifikasi pemesanan dalam
lembar pemesanan; pengguna dapat membatalkan pemesanan setiap saat sebelum
konfirmasi akhir dilakukan. Harga yang ditampilkan terperinci sehingga pengguna
dapat melihat jumlah yang harus dibayar, biaya tambahan apa pun yang disebabkan
penggunaan kartu kredit atau biaya antar bank yang dikenakan untuk biaya
pengiriman akan dibebankan kepada pengguna.
Profesionalisme Traveloka
Bagi para traveller, situs Traveloka.com tentu tidak asing lagi. Situs ini
menawarkan ragam alternative tiket pesawat berdasarkan harga dan rute
perjalanan. Bagi pengguna jasa penerbangan, ini tentu memudahkan lantaran tak
perlu sibuk-sibuk mengecek harga tiket pesawat ke semua markapai penerbangan.
Di traveloka.com, orang-orang tinggal memilih maskapai mana yang
menawarkan harga yang sesuai.
Seperti diberitakan kontan.co.id , Traveloka.com yang
didirikan tahun lalu, langsung melejit dan dikunjungi tak kurang dari 150.000
kunjungan setiap hari.
Kisah sukses ini tak lepas dari kerja keras Ferry Unardi, pendiri sekaligus
Managing Director Traveloka.com. Ferry mendirikan situs ini lantaran pernah
kesulitan mencari tiket pesawat. Ceritanya, Ferry yang saat itu di
Indianapolis, Amerika Serikat, hendak pulang kampung ke Padang, Sumatera Barat.
Saat itu, ia harus transit ke Jakarta dulu, lalu melanjutkan penerbangan ke
Padang dengan pesawat berbeda. Itu diperoleh setelah beberapa kali harus cek
harga ke sejumlah penerbangan.
Dari pengalaman itulah, pria kelahiran padang 16 Januari 1988 ini ingin
menawarkan solusi yang memudahkan mereka yang mencari tiket pesawat.
Awalnya, Ferry hanya dibantu dua rekannya yang pernah bekerja di Microsoft.
Modalnya diperoleh dari East Venture, perusahaan investasi yang fokus pada
pendanaan merintis usaha baru. Pada tahap pengembangan, ia mendapat
bantuan dari Samwer Brothers yang memiliki jaringan startup Rocket Internet.
Seperti agen perjalanan lain, Traveloka.com awalnya hanya menjual tiket
pesawat. Namun, baru-baru ini mereka masuk ke layanan pemesanan kamar hotel.
Keberhasilan Traveloka.com melejit dalam waktu relative singkat tak
terlepas dari perkembangan internet. Para pemesan jasanya bisa membeli tiket
dari mana saja secara online.
Di awal-awal, Ferry harus bolak-balik meyakinkan maskapai penerbangan.
Banyak yang belum yakin, katanya. Namun, seiring waktu, ia menunjukkan bahwa
perusahaannya layak dipercaya. Perkembangan teknologi informasi, juga membuat
Ferry kian optomis dengan usahanya.
Dalam waktu enam bulan, karyawannya menjadi lima. Mereka menempati satu
unit ruko. Karena bisnisnya terus bertumbuh, Traveloka kemudian berkantor di
salah satu gedung perkantoran di Slipi, Jakarta Barat. Saat itu, jumlah
Karyawannya telah bertambah menjadi 30 orang. Setahun setelah didirikan,
Traveloka jika punya 120 pegawai.
Ferry tak gentar dengan persaingan di dunia travel online yang kian ketat.
Bahkan, ada perusahaan asing dengan target pasar sama beroperasi di Indonesia.
Namun,bagi Ferry itu bukan masalah.
“Yang penting bagaimana memberikan hal berbeda dari perusahaan lain. Itulah
yang membuat orang tidak akan berpaling,” kata Ferry.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar