Jumat, 01 April 2016

TUGAS 1 ETIKA & PROFESIONALISME TSI : TRAVELOKA


Traveloka adalah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Traveloka memiliki basis operasional di Jakarta.
Perusahaan didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert. Pada awal konsepnya Traveloka berfungsi sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs lainnya. Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berubah menjadi situs reservasi tiket pesawat di mana pengguna dapat melakukan pemesanan di situs resminya. Pada bulan Maret 2014, Ferry Unardi menyatakan bahwa Traveloka akan segera masuk ke bisnis reservasi kamar hotelPada bulan Juli 2014, jasa pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka.

Etika pada Traveloka
Etika adalah suatu sikap dan perilaku yang menunjukkan kesediaan dan kesanggupan seseorang secara sadar untuk mentatati ketentuan dan norma kehidupan yang berlaku dalam suatu kelompok masyarakat atau suatu organisasi. Etika organisasi menekankan perlunya seperangkat nilai yang dilaksanakan ssetiap orang anggota. nilai tersebut berkaitan dengan pengaturan bagaimana seharusnya bersikap dan berperilaku dengan baik seperti sikap hormat, kejujuran, keadilan dan bertanggung jawab. seperangkat nilai tersebut biasanya dijadikan sebagai acuan dan dianggap sebagai prinsip-prinsip etis atau moral.
www.traveloka.com situs ("Situs") dikelola oleh Traveloka Services Pte. Ltd . Dengan mengakses dan/atau menggunakan Situs, pelanggan mengakui bahwa telah membaca dan memahami, dan menyetujui untuk terikat oleh Syarat Penggunaan yang ditetapkan di bawah ini dan syarat dan ketentuan lainnya dalam kaitannya dengan Situs, termasuk namun tidak terbatas pada kerahasiaan dan FAQ, yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat Penggunaan ("Syarat"). Anda harus setidaknya berusia delapan belas (18) tahun untuk menggunakan Situs ini. Harap diketahui bahwa kami dapat mengubah, memodifikasi, menambah dan menghapus Syarat ini sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Syarat harus dibaca secara berkala. Dengan terus menggunakan Situs ini setelah perubahan tersebut terhadap Syarat, pengunjung, pengguna atau Pengguna Terdaftar ("Anda" atau "pengguna") sepakat dan menyetujui perubahan. Jika Anda menggunakan salah satu layanan kami yang lain, maka penggunaan Anda didasarkan pada kepatuhan dan penerimaan terhadap syarat dan ketentuan yang berlaku untuk layanan tersebut.
Konten ini adalah terjemahan dari versi asli bahasa Inggris dan disediakan untuk kenyamanan Anda. Terdapat kemungkinan bahwa beberapa teks mungkin berbeda dari versi asli bahasa Inggris, dan dalam hal terjadi ambiguitas antara versi terjemahan dan versi bahasa Inggris, maka versi bahasa Inggris yang akan berlaku. Jika ragu mengenai keakuratan informasi yang terkandung dalam terjemahan, harap merujuk teks versi bahasa Inggris yang merupakan versi resmi


Produk Traveloka
Traveloka menyediakan bebarapa jasa dalam hal penjualan tiket pesawat dan hotel secara online. Dalam hal penjualan tiket pesawat dan hotel, traveloka menjadi penengah dari pihak maskapai dan hotel kepada costumer. Traveloka memberikan beberapa layan yaitu:
1.      Melalui Situs, Traveloka menyediakan platform online sehingga Anda dapat menelusuri berbagai jenis maskapai penerbangan, dan/atau akomodasi sementara dan penginapan (sebagaimana berlaku), dan membuat reservasi ("Layanan"). Pengguna dapat membuat pemesanan layanan yang disediakan hotel, maskapai penerbangan dan/atau penyedia layanan lain ("Vendor") di Situs. Dengan meletakkan pesanan melalui Situs, Anda akan dapat memesan tiket pesawat, kamar hotel, atau layanan lain pada Situs kami. Kami akan memberikan konfirmasi pemesanan melalui konfirmasi email. Kami berhak untuk menolak pemesanan sebagaimana diatur di bawah ini.
2.      Meskipun kami akan menggunakan keahlian kami dengan hati-hati dalam melakukan layanan, kami tidak memverifikasi, dan tidak menjamin, bahwa semua informasi yang diberikan akurat, lengkap, benar atau terbaru yang tersedia, dan kami tidak bertanggung jawab atas setiap kesalahan (termasuk kesalahan penempatan dan pengetikan), gangguan (baik sementara dan/atau parsial, kerusakan, perbaikan atau peningkatan ke situs atau sebaliknya), informasi yang tidak akurat, menyesatkan atau palsu atau informasi yang tidak tersampaikan.
3.      Perubahan dalam kondisi pasar atau keadaan yang terjadi dapat menyebabkan perubahan dalam waktu singkat, yang menyebabkan informasi tidak akurat atau tidak berlaku. Dalam hal terjadi masalah, layanan pelanggan dapat berusaha untuk membantu Anda dan memenuhi permintaan Anda.
4.      Situs ini tidak mengemukakan pernyataan apa pun dan tidak dapat dianggap sebagai membuat rekomendasi atau saran dari tingkat kualitas layanan atau peringkat dari Vendor yang terdaftar di Situs. Dengan ini kami menyatakan penyangkalan klaim, kerugian atau kewajiban sehubungan dengan kualitas atau status Vendor yang ada yang terdaftar di Situs (yang memberikan layanan maskapai penerbangan, hotel atau layanan lainnya). Vendor dapat diperkenalkan dalam tingkatan kelas yang berbeda berdasarkan faktor-faktor termasuk namun tidak terbatas pada ulasan, peringkat mereka atau faktor-faktor lainnya. Peringkat yang diberikan dihitung berdasarkan algoritma otomatis yang dapat diperbarui dan diubah dari waktu ke waktu, sesuai dengan kebijaksanaan tunggal kami.
5.      Kami memiliki hak untuk tidak menerima setiap pengguna atau pemesanan (atau dalam kasus-kasus tertentu membatalkan konfirmasi pemesanan) berdasarkan kebijaksanaan tunggal kami dan untuk alasan apa pun serta tanpa memberikan alasan penolakan/penampikan/pembatalan. Alasan untuk menolak pengguna atau pemesanan atau membatalkan konfirmasi pemesanan dapat termasuk namun tidak terbatas pada: pelanggaran Syarat ini, perdagangan atau sanksi ekonomi oleh otoritas global atau nasional, embargo, larangan dalam peraturan, penipuan atau pencurian (atau indikasi atau dugaan penipuan atau pencurian), dugaan kegiatan kriminal, pemesanan yang mencurigakan, layanan yang tidak tersedia atau tidak lagi disediakan oleh Vendor, pengguna memberikan informasi yang tidak akurat, keliru atau menyesatkan, masalah dengan komunikasi kartu kredit elektronik, informasi atau transaksi, perilaku yang tidak pantas, ancaman, hinaan, penolakan untuk memberikan informasi, hambatan praktis, kesulitan atau kemacetan komunikasi, Kesalahan Nyata (selanjutnya dijelaskan di bawah ini), sejarah pelanggaran Syarat atau penolakan tersebut, atau dimasukkan pada setiap "daftar hitam" atau "daftar pengamatan" oleh pemerintah atau organisasi internasional. Dalam kasus pemesanan ditolak atau dibatalkan oleh Traveloka dan pembayaran telah dilakukan, Traveloka akan mengganti jumlah yang telah dibebankan tanpa biaya lebih lanjut. Kami dapat menghilangkan atau menghapus ("Dihapus") keanggotaan pengguna Situs ini sewaktu-waktu, baik sementara atau permanen. Pengguna yang Dihapus dilarang untuk mencoba menggunakan Situs dengan nama lain atau melalui pengguna lainnya (selanjutnya dijelaskan dalam ketentuan Mekanisme Pencegahan Penipuan).
6.      Dalam kasus tertentu, kami dapat membatalkan atau menolak pemesanan berkenaan dengan "Kesalahan Nyata", yang tidak tergantung pada letak kesalahan berasal. Untuk menghindari keraguan, Kesalahan Nyata adalah kesalahan pada Situs (misalnya, dalam hal harga) yang tidak ada satu orang yang rasional pun akan menganggap layak atau membuat bisnis dimengerti. Jumlah yang dibebankan akan diganti tanpa biaya lebih lanjut dalam kasus seperti itu.
2.      PEMBATALAN
1.      Dengan membuat pemesanan, pesanan atau reservasi melalui Situs, pelanggan menerima dan setuju dengan syarat dan ketentuan dari Vendor yang berlaku, termasuk yang berkaitan dengan kebijakan tentang pembatalan dan/atau ketiadaan, atau sehubungan dengan permintaan khusus  yang mungkin diberikan kepada Vendor. Traveloka tidak bertanggung jawab atas setiap pelanggaran syarat dan ketentuan yang disepakati antara Vendor dan pengguna, atau yang didasarkan pada permintaan khusus pengguna, sehingga harap membaca syarat dan ketentuan Vendor dengan cermat.
2.      Sehubungan dengan pembatalan pengguna yang telah dilakukan, Traveloka mungkin dapat menahan atau mengambil bagian dari jumlah yang dibayarkan untuk mengganti biaya yang telah dikeluarkan sehubungan dengan pembatalan.
3.      PERMINTAAN KHUSUS
1.      Dalam hal permintaan khusus sehubungan dengan pemesanan (misalnya: kamar yang mudah diakses dengan kursi roda, bantuan kursi roda pada saat pengiriman tiket, perubahan nama, perubahan tanggal, menambahkan poin "frequent flyer" atau setara), pengguna dapat memasukkan permintaan saat melakukan pemesanan di Situs atau hubungi Vendor secara langsung (sebagaimana berlaku). Permintaan akan diurus berdasarkan kebijaksanaan Vendor dan Traveloka, berdasar atas ketersediaan dan faktor lainnya.
4.      SARAN PERJALANAN
1.      Dengan menampilkan destinasi tertentu, Traveloka tidak mengemukakan atau menjamin bahwa perjalanan ke tempat-tempat tersebut bermanfaat atau bebas risiko dan Traveloka tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas kerusakan atau kerugian yang mungkin diakibatkan dari perjalanan ke destinasi tersebut. Dalam situasi apa pun, Traveloka tidak akan bertanggung jawab atas insiden merugikan yang terjadi selama perjalanan atau selama Anda tinggal. Anda secara pribadi bertanggung jawab untuk pemilihan perjalanan, rute dan destinasi perjalanan, untuk sepanjang perjalanan Anda. Traveloka tidak bertanggung jawab atas kerugian yang terjadi ketika Anda gagal membawa dokumen perjalanan yang diperlukan, seperti paspor Anda.
5.      PERINGKAT
1.      Peringkat yang ditampilkan di Situs hanya disediakan sebagai informasi dari pengguna saja, dan peringkat yang ada didasarkan pada informasi yang diberikan oleh pihak ketiga seperti pemasok, pengguna atau ulasan situs web lain. Kami tidak memverifikasi peringkat yang diberikan dan karena itu tidak bertanggung jawab atas keakuratan peringkat yang ada. Dengan ini kami menyatakan penyangkalan klaim, kerugian atau kewajiban sehubungan dengan peringkat yang ditampilkan pada Situs.
6.      HARGA DAN PROMOSI
1.      Traveloka dapat menawarkan harga yang lebih rendah dan/atau promosi dari waktu ke waktu. Harap diketahui bahwa hal tersebut mungkin memerlukan ketentuan dan persyaratan yang berbeda, misalnya, sehubungan dengan kebijakan pemesanan dan pengembalian dana.
7.      BIAYA TAMBAHAN & PENGEMBALIAN DANA
1.      Setiap harga yang tercantum pada Situs ini hanya tersedia dengan ketentuan tertentu dan harga tersebut dapat berubah tergantung pada ketersediaan pemesanan, lamanya pemesanan dan/atau kuota. Harga yang tersedia dapat mencakup pajak tambahan dan biaya lainnya lagi tapi dalam keadaan tertentu mungkin tidak termasuk pajak dan biaya jasa; pengguna setuju bahwa mereka bertanggung jawab untuk memverifikasi total biaya yang harus dibayar dan persyaratan lainnya dan rincian ketika email konfirmasi dikirim ke pengguna. Pengguna harus memverifikasi pemesanan dalam lembar pemesanan; pengguna dapat membatalkan pemesanan setiap saat sebelum konfirmasi akhir dilakukan. Harga yang ditampilkan terperinci sehingga pengguna dapat melihat jumlah yang harus dibayar, biaya tambahan apa pun yang disebabkan penggunaan kartu kredit atau biaya antar bank yang dikenakan untuk biaya pengiriman akan dibebankan kepada pengguna.

Profesionalisme Traveloka
Bagi para traveller, situs Traveloka.com tentu tidak asing lagi. Situs ini menawarkan ragam alternative tiket pesawat berdasarkan harga dan rute perjalanan. Bagi pengguna jasa penerbangan, ini tentu memudahkan lantaran tak perlu sibuk-sibuk mengecek harga tiket pesawat ke semua markapai penerbangan. Di traveloka.com, orang-orang tinggal memilih maskapai mana yang menawarkan  harga yang sesuai.
Seperti diberitakan kontan.co.id , Traveloka.com yang didirikan tahun lalu, langsung melejit dan dikunjungi tak kurang dari 150.000 kunjungan setiap hari.
Kisah sukses ini tak lepas dari kerja keras Ferry Unardi, pendiri sekaligus Managing Director Traveloka.com. Ferry mendirikan situs ini lantaran pernah kesulitan mencari tiket pesawat. Ceritanya, Ferry yang saat itu di Indianapolis, Amerika Serikat, hendak pulang kampung ke Padang, Sumatera Barat. Saat itu, ia harus transit ke Jakarta dulu, lalu melanjutkan penerbangan ke Padang dengan pesawat berbeda. Itu diperoleh setelah beberapa kali harus cek harga ke sejumlah penerbangan.
Dari pengalaman itulah, pria kelahiran padang 16 Januari 1988 ini ingin menawarkan solusi yang memudahkan mereka yang mencari tiket pesawat.
Awalnya, Ferry hanya dibantu dua rekannya yang pernah bekerja di Microsoft. Modalnya diperoleh dari East Venture, perusahaan investasi yang fokus pada pendanaan merintis usaha baru.  Pada tahap pengembangan, ia mendapat bantuan dari Samwer Brothers yang memiliki jaringan startup Rocket Internet.
Seperti agen perjalanan lain, Traveloka.com awalnya hanya menjual tiket pesawat. Namun, baru-baru ini mereka masuk ke layanan pemesanan kamar hotel.
Keberhasilan Traveloka.com melejit dalam waktu relative singkat tak terlepas dari perkembangan internet. Para pemesan jasanya bisa membeli tiket dari mana saja secara online.
Di awal-awal, Ferry harus bolak-balik meyakinkan maskapai penerbangan. Banyak yang belum yakin, katanya. Namun, seiring waktu, ia menunjukkan bahwa perusahaannya layak dipercaya. Perkembangan teknologi informasi, juga membuat Ferry kian optomis dengan usahanya.
Dalam waktu enam bulan, karyawannya menjadi lima. Mereka menempati satu unit ruko. Karena bisnisnya terus bertumbuh, Traveloka kemudian berkantor di salah satu gedung perkantoran di Slipi, Jakarta Barat. Saat itu, jumlah Karyawannya telah bertambah menjadi 30 orang. Setahun setelah didirikan, Traveloka jika punya 120 pegawai.
Ferry tak gentar dengan persaingan di dunia travel online yang kian ketat. Bahkan, ada perusahaan asing dengan target pasar sama beroperasi di Indonesia. Namun,bagi Ferry itu bukan masalah.
“Yang penting bagaimana memberikan hal berbeda dari perusahaan lain. Itulah yang membuat orang tidak akan berpaling,” kata Ferry.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar